Skip to main content

Nandak Ganjen: Banyak Yang Gedek Banyak Yang Suka

Bang Atien Kisam

“Buah Cempedak, Buah Durian. Sambil Nandak Cari Perhatian.” Penggalan pantun tersebut menjadi awal pembuka culture discussion yang diselenggarakan oleh Divisi EO Sobat Budaya Jakarta (SBJ). Culture Discussion kali ini mengangkat tema “Mempertahankan Budaya Betawi, Tarian Nandak Ganjen” dengan pembicara yang merupakan pencipta tarian Nandak Ganjen itu sendiri, Atien Kisam.

Pasti kita langsung bertanya-tanya apa itu tarian Nandak Ganjen. Dari kata-katanya aja, sepertinya tarian ini agak gimana gitu. Sebenarnya, tarian ini diciptakan untuk menggambarkan gadis-gadis ABG Betawi yang beranjak dewasa.  Yah, karena anak-anak SMA kan kalau kata orang Betawi mereka itu genit, centil maka orang Betawi nyebutnya “Ganjen.” Jadi deh tarian tersebut dinamain Nandak Ganjen.

Foto : viva.co.id

Ternyata menurut si empunya tuh tarian, Nandak Ganjen sangat disukai oleh anak-anak mulai dari  TK  hingga mahasiswa.  “Meskipun tarian Nandak banyak yang gedek, tetapi banyak yang suka. Tarian Nandak Ganjen, tidak juga menghilangkan sisi komedi yang memang biasa terdapat di tari topeng dan lenong Betawi,” kata Atien Kisam, saat diskusi (27/02) di Cyber Building, Jakarta Selatan. 

Atien menjelaskan bahwa ide awal menciptakan tarian Nandak Ganjen, merupakan permintaan dari Dewan Kesenian Jakarta di tahun 1996 untuk menyelenggarakan apa yang disebut dengan Apresiasi Seni Pertunjukan.  Menurutnya tari Nandak Ganjen, bukan karya dia seorang. “Koreografi saya dengan dua abang lelaki dan satu orang kakak perempuan saya,” ungkap Atien.

Ketika itu, ia dan saudara kandungnya tersebut menggembangkan tarian Nandak Ganjen di sanggar Ratnasari, yang merupakan sanggar milik orang tua-nya. Tarian ini pun disebut sebagai tarian yang cukup lama dikembangkan, karena membutuhkan waktu sekitar 12 tahun mulai dari tahun 1996 hingga 2008.

Meskipun dikembangkan dalam waktu yang cukup lama, tarian Nandak Ganjen terbilang sukses. Atien mengungkapkan, setelah tarian Nandak Ganjen berhasil banyak siswa yang datang ke anjungan DKI Jakarta di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk ikut latihan tarian Betawi.


“Memang harapan awal dalam program Apresiasi Seni Pertunjukan pada waktu itu, anak muda tertarik dalam tarian-tarian Betawi. Ternyata benar, ketika latihan ada sekitar 300 anak dan yang datang ke anjungan  semakin banyak untuk belajar tari Betawi,” Tutur Atien.   

Comments

Popular posts from this blog

30 Gambar Kaligrafi Dengan Khat yang Memiliki Keindahan Luar Biasa

Gambar kaligrafi merupakan seni tulis yang berkembang di Jazirah Arab. Kaligrafi selalu menjadi suatu seni tulis yang indah dan selalu terdapat di setiap sudut masjid. Pada umumnya kaligrafi merupakan tulisan Arab yang ditulis dengan beberapa guratan dengan memperhatikan unsur artistik dari setiap tulisan. Tulisan tersebut selalu menjadi hiasan seni rupa yang disukai oleh banyak orang. Kaligrafi merupakan suatu seni tulisan yang biasanya merupakan kalimat bahasa arab yang indah. Setiap seni kaligrafi yang ditampilkan selalu memiliki unsur-unsur keindahan pada setiap pola dan bentuknya.  Gambar kaligrafi  selalu membuat seseorang terpesona dengan keindahan dari gambar kaligrafi. Seni kaligrafi sendiri lebih terkenal pada dunia islam. Sebab, kaligrafi biasanya diambil dari penggalan-penggalan dalam kitab suci Al Quran. Biasanya seni kaligrafi yang masuk ke dalam seni rupa islam selalu menjadi hiasan di dinding-dinding rumah ataupun masjid. Namun kini, dengan berkembangnya teknolog

Wisata GSE dan Curug Goa Lumut

Bogor, Kota ini pasti sangat terkenal oleh masyarakat Pulau Jawa atau sekitar Jakarta. Terkenal dengan sebutan kota hujan, bahkan saat ini Bogor memiliki sebutan sebagai Kota sepuluh ribu Angkot. Karena banyaknya trayek angkot di wilayah Bogor. Selain dua sebutan tadi, Bogor juga dikenal dengan kulinernya, yaitu, talas Bogor dan Soto Mie Bogor. tapi sekarang ada kuliner baru yang cukup digemari oleh masyarakat sekitar Bogor, seperti Jakarta, dan Jawa Barat,  yakni Bolu talas Bogor, beberapa artikel sih pernah mengungkapkan Bolu ini sudah dikenal oleh masyarakat diseluruh Indonesia, seperti wilayah Sumatera, dan Papua. Namun, saya tidak akan membahas mengenai kuliner ataupun sebutan Bogor tadi, tapi saya akan bercerita mengenai wisata di wilayah Bogor. Dengan banyaknya gunung di wilayah Bogor,menjadikan daerah ini memiliki tempat wisata air terjun cukup banyak. Seperti di Sentul, dan Gunung Salak Endah (GSE). Di wilayah GSE ini bahkan ada sekitar 5-6 air terjun y